Oleh: hanungp | 14 Agustus, 2008

TIPs2 menghadapi Psikotest dan interview STIS

Psikotes

untuk menghadapi ujian Psikotest dan interview memang diperlukan beberapa persiapan baik itu strategi maupun muatan pengetahuan dan latihan.

pada umumnya ujian psikotest digunakan untuk mengetahui tingkat kecerdasan yang berrelasi dengan emosional pelaku tes….maka yang perlu kita ketahui adalah manajemen waktu dan strategi menjawab soal.

Jenis soal Psikotes yang umum antara lain:

  • bentuk soal bangun : biasannya berupa rangkaian bangun yang saling memiliki hubungan dan pola tertentu…(misalnya kotak2, segitiga , lingkaran dan kombinasinya); untuk soal jenis ini perhatikan patokan utama *umumnya pojok kanan atas* cek searah jarum jam *atau bisa kebalikannya* kemudian ikuti polanya …kerjakan secepat mungkin!!
  • bentuk soal angka : biasanya berupa deret angka random…aturan mainnya seputar penjumlahan dan operasi aritmatika…untuk soal ini manfaatkan alat bantu pensil atau penggaris sebagai counter…sehingga batas penghitungan jelas….kemudian ikuti perintah *misal disuruh menjumlah sebanyak mungkin*….jenis soal ini biasanya ada batasan waktu….kerjakan dengan cepat dan cermat
  • Bentuk Soal Coklit…mencocokan dan komplit…pasangkan bangun atau suatu padanan bisa juga lawannya…umumnya bentuk visual bangun…bisa juga kata2….so telitilah disini…..
  • tes menggambar…..ini paling sering muncul…..biasanya disediakan suatu titik….maka gambarlah sesuatu …*lebih bagus mengenai kehidupan*…sederhana tapi detail…dan lengkap…….ada juga untuk menggambar rumah, pohon , orang …………*gambarlah orang didepan rumah dan letakkan pohon sebagai tempat berteduh orang tersebut* gambar tidak perlu rumit…cukup tegas, dan maknanya bisa diketahui….
  • Jenis Soal essay….biasanya terkait dengan kehidupan sehari2 dan pergaulan

selain bentuk2 diatas tentu masih banyak lagi jenis soal yang lain…namun berdasarkan pengalaman saya jenis2 itulah yang paling sering muncul….jangan lupa kecepatan saat mengerjakan…..latihanlah bersama seorang partner guna mengukur kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal….buku latihan soal psikotes banyak diperjual belikan di toko buku

UNTUK INTERVIEW

materi interview pada umumnya mengenai kepribadian , berikut ini adalah pertanyaan yang sering diajukan:

  • nama orang tua dan pekerjaannya…
  • nama2 anggota keluarga *termasuk tanggal lahirnya*
  • nama teman2 sewaktu sekolah….sewaktu kecil……
  • nama guru sewaktu sekolah
  • maksud dan tujuan ingin masuk ke STIS
  • motivasi utama
  • masalah peraturan di STIS…
  • Masalah sikap terhadap peraturan dan kebijakan di STIS
  • sikap mengenai kepemimpinan
  • pernyataan terhadap suatu kasus jika menimpa anda…
  • sedikit mengenai politik dan keterkaitan dengan kegiatan anda…

dan mungkin masih ada beberapa pertanyaan mengenai kasus2 tertentu…

jawablah pertanyaan dengan lugas tegas dan tidak bertele-tele…..

ekspresi muka rileks dan jangan tegang

semoga tips ini berguna dan semoga sukses

Oleh: hanungp | 13 Agustus, 2008

Pengumuman tahap I

CONGRATS

Selamat buat yang sudah lolos seleksi….

dan persiapkan untuk tes tahap II wawancara dan psikotes..

silakan download di box bawah….atau klik disini Pengumuman Tahap I PMB STIS

Oleh: hanungp | 11 Juli, 2008

Pendaftaran STIS tinggal Sehari lagi

sekedar mengingatkan pendaftaran STIS tinggal hari ini dan sabtu nanti tanggal 12 Juli 2008…buat yang di luar jakarta …ayo segera mendaftar

klo telat mendaftar bisa melalui STIS langsung dijakarta…sepertinya sampai tanggal  18 juli seperti yang tertera di brosur

Oleh: hanungp | 17 Juni, 2008

ALAMAT BPS PROPINSI

Kantor Statistik Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam
Jalan Tengku Moh Daud Beureuh No. 50
Banda Aceh 23121
Telp (0651)23005, 22862
Faks (0651)33632
Email: bps1100@aceh.wasantara.net.id

BPS Propinsi Sumatera Utara
Jalan Asrama No. 179
Medan 20123
Telp (061)8452343,
Faks (061) 8459966
Email: bps1200@medan.wasantara.net.id
BPS Propinsi Sumatera Barat
Jalan Khatib Sulaiman No. 48
Padang 25136
Telp (0751) 442158-60
Faks (0751) 442161
Email: bps1300@padang.wasantara.net.id
BPS Propinsi Riau
Jalan Pattimura No. 12
Pekanbaru 281315
Telp/Faks (0761) 21336
Email: bps1400@pekanbaru.wasantara.net.id
BPS Propinsi Jambi
Jalan A. Yani No. 4
Telanaipura,
Jambi 36122
Telp. (0741) 60947
Faks. (0741) 60802
Email: bps1500@Jambi.wasantara.net.id
BPS Propinsi Sumatera Selatan
Jalan Kapten Anwar Sastro No. 1694
Kelurahan Sungai Pangeran
Palembang 30129
Telp. (0711) 318546, 351665
Faks. (0711) 353174
Email: bps1600@palembang.wasantara.net.id
BPS Propinsi Bengkulu
Jalan Adam Malik Km 8
Kecamatan Gading
CempakaBengkulu 38225
Telp. (0736) 349117-8
Faks. (0736)349115
Email: bps1700@bengkulu.wasantara.net.id
BPS Propinsi Lampung
Jalan Basuki Rahmat No. 54
Bandar Lampung 35215
Telp (0721) 482909, 474326
Faks (0721) 484329
Email: bps1800@lampung.wasantara.net.id
BPS Propinsi Bangka Belitung
Kompleks Perkantoran Pemerintah Propinsi Kepulauan Bangka Belitung
Kelurahan Air Itam, Kecamatan Bukit Intan
Pangkal Pinang
Telp/Faks (0717) 439422, 439421
Email: bps1900@ppinang.wasantara.net.id
BPS Propinsi DKI Jakarta
Jalan Merdeka Selatan No. 8-9
Blok D Lantai 3
Jakarta 10110
Telp (021) 439422
Faks. (021) 3840084
Email: kabpsdki@jakarta.go.id
BPS Propinsi Jawa Barat
Jalan PHH Mustapa No. 43
Bandung 40124
Telp. (022) 7272595, 7201696, 7276980
Faks. (022)7213572
Email: bps3200@bandung.wasantara.net.id
BPS Propinsi Jawa Tengah
Jalan Pahlawan No. 6
Semarang 50241
Telp (024) 8311242, 8412805, 84128028412804, 8449496
Faks (024) 8311195
Email: bps3300@semarang.wasantara.net.id
BPS Propinsi D.I. Yogyakarta
Kompleks THR
Jln. Brigjen Katamso
Yogyakarta 55152
Telp. (0274) 373871
Faks (0274) 375310
Email: bps3400@yogya.wasantara.net.id
BPS Propinsi Jawa Timur
Jalan Raya Kendangsari Industri No. 43-44
Surabaya 60292
Telp (031)8438873
Faks (031)8494007
Email: bps3500@surabaya.wasantara.net.id
BPS Propinsi Banten
Jalan Penancangan No. 4
Serang 42142
Telp. (0254) 223977
Faks. (0254) 202315
Email: bps3600@plasa.com
BPS Propinsi Bali
Jalan Raya Puputan Renon
Denpasar 80226
Telp. (0361)238159, 243696
Faks (0361) 238162 Email: bps5100@denpasar.wasantara.net.id
BPS Propinsi Nusa Tenggara Barat
Jalan Gunung Rinjani No. 2
Mataram 83125
Telp. (0370) 641242, 621385, 638321
Faks. (0370) 623801
Email: bps5200@mataram.wasantara.net.id
BPS Propinsi Nusa Tenggara Timur
Jalan R. Suprapto No. 5
Kupang 85111
Telp. (0380)826289
Faks. (0380) 833124
Email: bps5300@kupang.wasantara.net.id
BPS Propinsi Kalimantan Barat
Jalan Sutan Syahrir 24/42
Pontianak 78116
Telp. (0561) 735345, 765742, 765741
Faks. (0561) 732184
Email: bps6100@pontianak.wasantara.net.id
BPS Propinsi Kalimantan Tengah
Jalan Kapten Pierre Tendean No. 06
Palangkaraya 73112
Telp. (0536) 28105
Faks. (0536) 21380
Email: bps6200@palangkaraya.wasantara.net.id
BPS Propinsi Kalimantan Selatan
Jalan KS Tubun No. 117
Banjarmasin 70242
Telp. (0511) 262314, 261585
Faks. (0511) 261585
Email: bps6300@banjarmasin.wasantara.net.id
BPS Propinsi Kalimantan Timur
Jalan Kemakmuran No. 4
Samarinda 75117
Telp. (0541) 743372, 732793
Faks. (0541) 201121
Email: bps6400@samarinda.wasantara.net.id
BPS Propinsi Sulawesi Utara
Jalan 17 Agustus
Manado 95119
Telp. (0431) 862204
Faks. (0431) 862204
Email: bps7100@manado.wasantara.net.id
BPS Propinsi Sulawesi Tengah
Jalan Prof. Moh. Yamin No. 48
Palu 94114
Telp. (0451) 483610, 483611, 483613
Faks. (0451) 483612
Email: bps7200@palu.wasantara.net.id
BPS Propinsi Sulawesi Selatan
Jalan Haji Bau No. 6
Ujung Pandang 90125
Telp (0411) 872844, 854838, 851226
Faks. (0411) 851225
Email: bps7300@upandang.wasantara.net.id
BPS Propinsi Sulwesi Tenggara
Jalan Made Sabara No. 3
Kendari 93111
Telp. (0401) 321751
Faks. (0401) 322355
Email: bps7400@kendari.wasantara.net.id
BPS Propinsi Gorontalo
Jalan Kasuari Baru No. 6
Kota Gorontalo
Telp./Faks (0435) 824802
Email: bps7500@gorontalo.wasantara.net.id
BPS Propinsi Maluku
Jalan Haruhun, Karang Panjang
Kompleks Puleh
Ambon 97121
Telp. (0911) 353306, 342280
Email: bps8100@ambon.wasantara.net.id
BPS Propinsi Maluku Utara
Jalan Stadion No. 65
Kelurahan Stadion
Kecamatan Ternate SelatanTernate 97712
Telp/Faks. (0921) 327878
Email: bps8200@ternate.wasantara.net.id
BPS Propinsi Papua
Jalan Dr. Sam Ratulangi Dok II
Jayapura 99112
Telp. (0967) 534519, 533028
Faks. (0967) 536490
Email: bps9300@jayapura.wasantara.net.id
ipods-papua@yahoo.com
Oleh: hanungp | 15 Juni, 2008

Prihatin…

Sabtu 14 Juni 2008…

Pagi Tuh hujan rintik2 dari langit masih mengguyur Bandar Lampung…Najla *yummylittleHanungJunior* malah tambah demam, wal hasil mesti di bawa kedokter…jam 10an berangkat…dan seperti cerita2 ordinary…masuk ke RSBW…diperiksa ininya itunya…sampe2 dia nangis serasa sakit tak terperikan…akhirnya dokter menyampaikan bahwa si najla di vonis Radang..Alhamdulilah……

Tapi bukan itu cerita besarnya

Pulang dari Rumah Sakit…masih gerimis…stater mobil….petugas parkir mengarahkan untuk motong jalan…PRIT…PRIT sambil ngeblok bahu jalan *Pak AhliParkir mengarahkan*….TIBA2…SEKONYONG2 dari arah belakang…Ada suara Gaduuuh banget….Motor di gas2…klakson brisiiiik!!!!….penunggangnya TREAK2 kaya kesurupan….bajunya warna-warni kaya badut…..dah kepalang tangung mobil malang dijalan….gerombolan itu teriak2 minggiiir laksana foreider Presiden …*Presiden aja gak gtu2 amat*… GW buka jendela gw pelototin mereka…..

Sungguh Ironisnya bangsa ini…Para penerus yang menjadi tumpuan masa depan…perilakunya bak BAR2…didepan Rumah sakit….sama sekali tidak mencerminkan intelektual pelajar …meluapkan euforia kelulusan tanpa batas…dimana moral dan etika yang mestinya mereka sandang!!!…apalagi bagi pelajar yang perempuan…sambil membonceng….berdiri sambil memutar2kan kaos laksana koboi….aurat diumbar kemana2………Ya Allah!!!!!

Jaman Gw dulu memang ada acara selebrasi kelulusan …tapi tidak sebrutal sekarang…konvoi motor…corat-coret….Treak2 bak kesurupan…..Dulu memang ada sebagian yang corat-coret…tapi tidak banyak yang sampai mengganggu ketertiban publik….hanya terkonsentrasi di wilayah sekolahan saja…..bahkan yang dicoret hanyalah kaos olah raga saja…sedang seragam di kumpulkan bersama dan di paking untuk di berikan pada adik kelas yang kurang mampu ato yang membutuhkan……

Mungkin ada yang perlu dibenahi dari sistem Pendidikan negeri kita tentang moral dan etika…..tapi tidak hanya itu…gw rasa kontrol dari orang tua sangat mempengaruhi perilaku penerus bangsa ini….tidak kalah juga kontrol dari masyarakat….bahwa tindakan seperti itu adalah tidak benar adanya……paling tidak dengan tindakan memperingatkan..sampai dengan pemberian Vonis salah…………..namun sebelumnya juga harus diberikan alternatif kegiatan yang positif……

Semoga bangsa Ini cepat sembuh dari sakit akutnya..dan semoga Proses pendewasaan bangsa yang ngga dewasa2 ini semakin cepat….agar bisa mengejar ketertinggalan dengan bangsa lain…..

yuk dengan mengutip kata2 salah satu dai kondang yang penah dimiliki Indonesia kita coba renungi dan perbaiki bangsa ini dengan membantu pemerintah…ngga berat kok …“MARI PERBAIKAN ITU KITA MULAI DARI 3M…MULAI DARI DIRI SENDIRI…MULAI DARI HAL YANG KECIL2….MULAI DARI SEKARANG JUGA“……

Older Posts »

Kategori